Rapat dengan Menko PMK, Kepala BNPB Bahas Revisi UU Penanggulangan Bencana

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Doni Monardo membahas revisi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Intinya adalah membahas tentang surat inisiatif dari DPR untuk melakukan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007," kata Doni, Jumat (10/7/2020).

Dia menuturkan, revisi undang-undang tersebut pada dasarnya adalah bagaimana menguatkan BNPB. Apalagi, bencana alam yang bisa terjadi setiap tahun.

"Oleh karenanya, BNPB perlu mendapatkan penguatan. Baik penguatan kelembagaan, termasuk akses terhadap kegiatan di seluruh daerah," ungkap Doni.

Terlebih, menurut Doni, peran BNPB seperti sekarang dalam menghadapi pandemi Covid-19, menjadi inti Gugus Percepatan Penanganan Covid-19.

"Sehingga dengan adanya revisi ini diharapkan ke depan apalah itu struktur kelembagaan, kemudian gelar kekuatannya, juga mungkin bisa ditungkatkan kemampuannya, termasuk juga kemudian akses dalam berbagai kegiatan itu, bisa dapat program prioritas," kata Doni.

Dia menambahkan, rapat akan diadakan rapat lagi pada pekan depan. "Ada pembahasan untuk penyempurnaan sebelum selanjutnya nanti akan diserahkan kepada DPR RI sebagai jawaban pemerintah," pungkas Doni.

Komentar

Tinggalkan Komentar